Thursday, February 21, 2013

Uji Tuntas - Bagaimana Mengetahui Masalah Potensial Sebelum Membeli Bisnis

2misi.com
Uji tuntas adalah tahap yang paling penting dalam proses pembelian suatu bisnis. Banyak calon pembeli yang menganggap uji tuntas hanya sebatas mengevaluasi laporan keuangan, akan tetapi kenyataanya uji tuntas jauh melebihi itu. Uji tuntas termasuk penyelidikan, evaluasi manajemen, operasional perusahaan dan masa depan perusahaan.

Salah satu kunci untuk membeli bisnis yang baik adalah kemampuan Anda untuk mempelajari rincian bisnis secara mendalam. Untuk mengidentifikasi kelebihan, kelemahan, plus, minus, peluang pertumbuhan dan area yang menjadi perhatian. Jika Anda tidak melakukan pekerjaan yang baik dalam mengumpulkan informasi, maka Anda tidak akan dapat mengambil keputusan serta menyelesaikan transaksi karena Anda tidak yakin terhadap bisnis tersebut.
 
Kapan Mulai Uji Tuntas?

Proses investigasi harus dimulai saat Anda mulai tertarik dengan bisnis tersebut. Tentu saja tujuan Anda adalah untuk memastikan bahwa Anda menemukan segala sesuatu tentang bisnis tersebut sebelum Anda membelinya. Anda tidak harus bertemu penjual atau bahkan mengunjungi bisnis untuk memulai penelitian Anda. Internet adalah media luar biasa yang memungkinkan Anda untuk menyelidiki usaha, industri, kompetisi, pemasaran, pemasok, dan seterusnya.

Memulai investigasi Anda lebih awal sangat penting sekali. Dengan cara ini, Anda akan memposisikan diri untuk mengajukan pertanyaan yang tepat kepada penjual. Setelah Anda maju ke tahap tawaran diterima, Anda akan memulai inspeksi atau pengecekan keuangan. Periode ini biasanya berlangsung 10-30 hari. Ini adalah saat ketika Anda akan memiliki akses ke semua buku perusahaan dan catatan-catatan perusahaan walaupun akses Anda mungkin dibatasi oleh Penjual karena faktor kerahasiaan.
 
Beberapa Hal yang Perlu Diingat:

Memiliki Waktu Yang Cukup
Banyak penjual memaksakan uji tuntas diselesaikan dalam waktu yang sangat singkat, kadang-kadang hanya beberapa hari saja. Abaikan hal ini - Berikan diri Anda cukup waktu untuk menyelesaikan semua bagian dari proses uji tuntas. Anda harus mempunyai cukup waktu untuk bernegosiasi, jadi jangan mengurangi waktu yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan uji tuntas secara menyeluruh. Uji tuntas laporan keuangan biasanya dapat dilakukan dalam beberapa hari, akan tetapi masih ada yang lain yang perlu diselidiki dan lebih memakan waktu. Itulah mengapa jangka waktu 20 hari cukup masuk akal untuk bisnis yang besar, sedangkan jangka waktu 15 hari diperlukan untuk bisnis yang lebih kecil untuk menyelesaikan uji tuntas hingga tahap transaksi jual beli.

Persiapkan dengan Benar
 
Berhubung Anda memiliki waktu yang terbatas, maka berikan kepada penjual berupa daftar dari semua informasi atau laporan yang Anda butuhkan untuk melaksanakan uji tuntas. Tidak peduli apa yang diberitahukan kepada Anda, jangan memulai proses uji tuntas hingga mereka telah memberikan apa yang Anda perlukan dengan benar untuk menyelesaikan uji tuntas tersebut.

Berurusan Dengan Kejutan
 
Anda mungkin akan menemukan beberapa kejutan, jangan panik, itu normal. Hadapilah masalah tersebut. Cari klarifikasi. Selesaikan kasus Anda. Jangan menghadap penjual setiap kali Anda menemukan ketidakpastian antara apa yang Anda telah lihat berlawanan dengan apa yang diberitahukan kepada Anda. Tidak ada bisnis yang sempurna. Aturan dalam menghadapi masalah adalah jangan memperlakukan setiap insiden sebagai bencana atau bencana sebagai insiden. Jika Anda menemukan masalah besar, Anda harus mencari fakta dan kemudian Anda dapat memutuskan tindakan tepat yang harus diambil dengan penjual (seperti negosiasi ulang, keluar dari perundingan, dll).

Jika Anda belum mengumpulkan informasi yang tepat atau gagal menyelidiki bisnis secara menyeluruh, Anda tidak akan 100% yakin terhadap apa yang harus dilakukan. Dan juga, Anda mungkin akan menghentikan proses tersebut. Sebaliknya, jika Anda melakukan pekerjaan yang sempurna dalam penyelidikan bisnis, dan segala sesuatu yang lain masuk akal, kemudian membuat keputusan akhir hanya memerlukan satu langkah!

http://www.2misi.com/article/id/2012/06/all/bagaimana-mengetahui-masalah-potensial-sebelum-membeli-bisnis

No comments:

Post a Comment

2misi.com - Buy and Sell Multinational Business Online