Friday, February 22, 2013

Lupakan Harga Jual Bisnis yang Anda Minati

2misi.com
Ada pepatah populer mengenai harga jual dari setiap bisnis yang sedang dijual: "semua bisnis yang baru saja terdaftar selalu mahal."

Harga jual tidak ada hubungannya dengan harga pembelian. Keterampilan negosiasi yang baik dan kreatifitas dalam membuat kesepakatan adalah apa yang harus dilakukan! Jadi, ketika melihat daftar bisnis yang dijual, jangan berkecil hati dengan harga yang mereka minta. Sangat mudah untuk memahami keinginan penjual untuk harga sebuah bisnis yang lebih tinggi daripada sepantasnya.
 
Kebanyakan Para Penjual Melampiaskan Emosi Pada Bisnis Mereka

Para penjual umumnya tidak menerima masukan profesional saat membuat harga jual. Mereka biasanya menetapkan harga bisnis berdasarkan apa yang mereka pikir itu adalah "layak", atau apa yang mereka "butuhkan" tapi ini sama sekali tidak mencerminkan nilai sebenarnya.

Kedua pembeli dan penjual harus menyadari bahwa penilaian bisnis sangat subjektif. Ini adalah seni, bukan ilmu. Kedua belah pihak juga harus menyadari bahwa formula valuasi yang tepat untuk ukuran dan jenis usaha yang sesuai harus diterapkan. Yang penting adalah bahwa kedua belah pihak harus mengakui apa yang layak dibayar oleh pembeli dan apa yang pantas diterima penjual.

Bukankan semua ini terdengar cukup mendasar dan umum? Kesulitannya adalah menemukan kata sepakat. Saya selalu merasa bahwa nilai yang ditawarkan oleh setiap penjual terlalu tinggi dan perhitungan yang dibuat oleh setiap pembeli terlalu rendah, dan terkadang perlu penengah untuk suatu penilaian yang akurat.

Ketika melakukan negosiasi harga, minta penjual untuk menguraikan harga yang mereka tawarkan. Jika Anda melakukan penelitian yang memadai, Anda akan menemukan berbagai alasan mengapa mereka menawarkan harga tersebut. Ada juga penjual tertentu yang menawarkan harga jual bisnis yang wajar. Dalam kasus ini, cobalah bekerja untuk mendapatkan keuntungan lain, misalnya cara pembayaran.

Hal yang perlu diingat adalah segala sesuatu bisa dinegosiasikan, terutama harga. Gunakan sebagai barometer untuk memproses pikiran para penjual. Jangan biarkan harga jual bisnis apapun yang terlalu tinggi menjadi kendala bagi Anda untuk memiliki bisnis tersebut. Jika bisnis tersebut tepat untuk Anda, bernegosiasilah dengan benar untuk kepentingan kedua belah pihak.

http://www.2misi.com/article/id/2012/06/lupakan-harga-jual-bisnis-yang-anda-minati

No comments:

Post a Comment

2misi.com - Buy and Sell Multinational Business Online