Monday, February 25, 2013

Negosiasi Untuk Mencapai Kesepakatan Besar

2misi.com
Ketika membeli sebuah bisnis, momen paling menarik dan mencemaskan adalah ketika memasuki tahap negosiasi dan mengajukan tawaran. Sama seperti setiap aspek proses pembelian, persiapan Anda akan menentukan tingkat keberhasilan Anda.

Negosiasi melibatkan banyak hal pribadi. Ketika berhadapan dengan penjual, Anda harus ingat bahwa ini adalah momen yang sangat emosional bagi mereka. Mereka ingin menjual bisnis yang telah mereka dapatkan dari hasil kerja keras dan keringat sendiri. Hal ini adalah perubahan yang besar bagi mereka dan sering kali mereka menjadi tidak rasional. Mereka merasa seolah-olah mereka kehilangan bagian dari diri mereka sendiri. Lebih pekalah terhadap emosi mereka tetapi jangan pernah mengorbankan kesepakatan yang baik untuk Anda.
 
Cari "Penderitaan" mereka, Tenangkan dan Anda Menang!

Semua orang memiliki "alasan khusus" dalam sebuah kesepakatan. Ini adalah hal penting bagi pembeli atau penjual untuk membuat atau menghancurkan kesepakatan. Setelah Anda mengidentifikasi mereka dan menemukan cara untuk meredakan kekhawatiran mereka, Anda akan menang. Hal ini telah terbukti sepanjang waktu.

Metode sebelumnya biasanya lebih efektif hanya kalau Anda dapat menganalisis berbagai informasi setelah Anda melihat struktur penawaran. Namun, menanyakan langsung kepada mereka adalah cara yang sangat akurat.

Jika memungkinkan, berikan penawaran yang lebih dekat dengan harga yang penjual hendaki akan tetapi, sebagai gantinya, dapatkan pengurangan suku bunga pada sisa pembayaran, perpanjang pembayaran pertama sampai 60, 90 atau 180 hari setelah akta jual beli, bernegosiasi pada tahun pertama tanpa bunga atau melunasi semuanya sekaligus kapan saja tanpa penalti. Ada ribuan hal yang dapat Anda lakukan begitu Anda mengetahui "alasan khusus" mereka menjual.
 
Persiapan adalah Kunci Sukses Negosiasi

Perjanjian jual beli rata-rata memiliki lebih dari lima puluh klausal yang bisa dinegosiasikan. Ada yang yang terlibat dari sekedar menyepakati harga, uang muka dan berbagai kondisi umum.
 
Menata Penawaran

Pada banyak kasus, penawaran harga adalah indikasi akuisisi yang berpotensial. Terkadang ini bisa menjadi cara yang paling efektif untuk mendapatkan informasi tentang keseriusan pembeli. Ada situasi tertentu Anda terpaksa membuat tawaran tanpa memiliki semua data yang Anda harapkan. Sebagai contoh, Anda mungkin hanya mendapatkan akses laporan keuangan.

Tidak perlu panik. Anda mungkin bisa menanyakan kepada penjual: "Bagaimana saya bisa merumuskan tawaran tanpa semua informasi yang saya butuhkan?." Pertanyaan yang bagus secara teori, tapi ini belum realistis untuk penjual. Dengan mempertimbangkan fakta bahwa banyak calon pembeli yang kurang serius dan menjaga aspek kerahasiaan, penjual mungkin memilih untuk menahan informasi tertentu.

Tidak ada yang salah jika penjual tersinggung. Anda selalu dapat memperbaiki penawaran. Selain itu, nilai harga jual suatu bisnis berbeda antara pembeli dan penjual. Di situlah mulainya negosiasi. Tidak ada aturan pasti seperti apa persyaratan penawaran Anda seharusnya. Setiap situasi berbeda. Meskipun tidak dianjurkan untuk membuat penawaran yang tidak wajar. Jangan terlalu berlebihan menganalisis setiap akuisisi yang potensial. Jika bisnis tersebut menarik dan Anda telah melakukan studi kelayakan dengan benar, segera berikan penawaran harga.

Umumnya, setelah penawaran Anda diterima oleh penjual, Anda akan diberikan waktu yang cukup untuk melakukan uji tuntas.
 
Pengacara, Akuntan dan Bisnis Supervisor - Setiap Orang Memiliki Pendapat

Pengacara tidak bisa menegosiasikan kesepakatan untuk Anda. Mereka hanya bisa membantu untuk memastikan Anda terlindungi dari kewajiban dan tanggung jawab yang bisa merugikan Anda. Akan tetapi ketika menegosiasikan kesepakatan bisnis yang sebenarnya, mereka bukanlah orang-orang yang mampu memberikan masukan yang bermanfaat untuk Anda. Anda bisa sekedar mendengar pendapat mereka secara umum, tetapi batasin masukan yang sesuai dengan keahlian mereka saja seperti aspek hukum dari perjanjian jual beli.

Adapun untuk seorang akuntan, mereka juga memiliki peran memberikan masukan dari sudut pandang keuangan dan pajak. Manfaatkan keahlian mereka juga, tapi jangan biarkan mereka mempengaruhi kesepakatan bisnis yang sebenarnya.

Bisnis supervisor akan tetap di sisi Anda sejak awal sampai akhir transaksi dan memberikan feedback yang berharga sepanjang jalan untuk menghindari kesalahan fatal.
 
Akhir Kata

Negosiator yang baik memang tidak dilahirkan, tetapi mereka berevolusi. Efektivitas Anda akan meningkat seiring waktu. Tujuan Anda adalah kesepakatan yang baik untuk semua pihak. Jangan kehilangan kesabaran. Jangan konfrontatif. Jika ada berita yang sulit untuk disampaikan, biarkan bisnis supervisor 2misi.com yang melakukannya.

http://www.2misi.com/article/id/2012/06/all/negosiasi-untuk-mencapai-kesepakatan-besar

No comments:

Post a Comment

2misi.com - Buy and Sell Multinational Business Online